Abstract:
ARI NUR KARIM, NIM. 3402170427. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Kebijakan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Rumah Makan
Simanalagi Cabang Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis)”. Di
bawah bimbingan Bapak Dr. H. Yusup Iskandar, M.M, sebagai Pembimbing
I dan Ibu Marlina Nur Lestari, S.E.,M.M, sebagai Pembimbing II.
Tingkat kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Simanalagi Cabang Kertasari
masih belum optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)
Bagaimana kualitas pelayanan pada Rumah Makan Simanalagi Cabang Kertasari
Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis?; 2) Bagaimana kebijakan harga pada
Rumah Makan Simanalagi Cabang Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten
Ciamis?; 3) Bagaimana kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Simanalagi
Cabang Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis?; 4) Bagaimana pengaruh
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Simanalagi
Cabang Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis?; 5) Bagaimana pengaruh
kebijakan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Simanalagi
Cabang Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis?; dan 6) Bagaimana
pengaruh kualitas pelayanan dan kebijakan harga terhadap kepuasan pelanggan
pada Rumah Makan Simanalagi Cabang Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten
Ciamis. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan teknik simple random sampling
maka sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 93 orang pelanggan. Teknik
analisis data yang digunakan meliputi: analisis regresi, analisis koefisien korelasi,
analisis koefisien determinasi, dan uji signifikansi. Hasil penelitian menyimpulkan
bahwa: 1) Rumah Makan Simanalagi Cabang Kertasari Kecamatan Ciamis
Kabupaten Ciamis memiliki kualitas pelayanan yang baik; 2) Rumah Makan
Simanalagi Cabang Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis telah
menetapkan kebijakan harga yang tepat; 3) Sebagian besar pelanggan pada
Rumah Makan Simanalagi Cabang Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten
Ciamis memiliki tingkat kepuasan yang tinggi; 4) Kualitas pelayanan memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah
Makan Simanalagi Cabang Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis; 5)
Kebijakan harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan pada Rumah Makan Simanalagi Cabang Kertasari Kecamatan Ciamis
Kabupaten Ciamis; dan 6) Kualitas pelayanan dan kebijakan harga memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah
Makan Simanalagi Cabang Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis.