Abstract:
Latar belakang penelitian belum optimal dalam organiasi Pemerintah Desa, terbukti dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kurang efektif, yang mana diantara staff yang berwenang untuk mengurus keperluan masyarakat yang membutuhkan pelayanan tersebut tidak ada ditempat saat pelayanan jam kerja. Jam kerja pegawai tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku, sehingga masyarakat sangat kesulitan untuk menyelesaikan kepentingannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa efektivitas kerja organisasi Pemerintah Desa Banjaranyar telah dilaksanakan namun belum sepenuhnya terlaksana dengan optimal karena masih terdapat beberapa indikator yang pelaksanaannya kurang sesuai dengan beberapa indikator yang digunakan untuk mengetahui efektivitas kerja organisasi Pemerintah Desa Banjaranyar. Terdapat hambatan-hambatan yang dihadapi salah satunya desa kurang menguasai skill dalam proses pelayanan kepada masyarakat, masih ditemukan adanya beberapa Perangkat Desa Banjaranyar yang kurang mampu atau kurang handal dalam memberikan pelayanan. Adapun dengan upaya–upaya yang dilakukan yaitu dengan memprioritaskan kebutuhan dan permasalahan dari masyarakat, perbaharuan Sumber Daya Manusia, diadakannya test administrasi sebelum bisa bekerja di Desa serta pemberian apresiasi dari kepala Desa ke perangkat Desa yang memiliki nilai kinerja yang semakin meningkat.