Abstract:
Elia Kapeliawati, 3403190020. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan
Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan
Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
Periode 2019-2021)”. Dibawah Bimbingan Eva Faridah, S.E., M.Si.
(Pembimbingg I) dan Benny Prawiranegara, S.E., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan
Pertumbuhan Penjualan terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan
Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2021.
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana
pengaruh profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap harga
saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI) periode 2019-2021?; 2]. Bagaimana pengaruh leverage terhadap
harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI) periode 2019-2021?; 3]. Bagaimana pengaruh pertumbuhan
penjualan terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2021?; 4]. Bagaimana
pengaruh profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap harga
saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI) periode 2019-2021? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis : 1]. Profitabilitas terhadap harga saham pada
perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
tahun periode 2019-2021; 2]. Leverage terhadap harga saham pada perusahaan
makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun
periode 2019-2021; 3]. Pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada
perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
tahun periode 2019-2021; 4]. Profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan penjualan
terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dan verifikatif dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan Analisis Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Koefisien
Korelasi Sederhana (Product Moment), Analisis Regresi Linier Berganda,
Analisis Koefisien Korelasi Ganda, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis
menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa : 1]. Pengaruh
profitabilitas terhadap harga saham tidak berpengaruh signifikan terhadap harga
saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI) periode 2019-2021; 2]. Pengaruh leverage terhadap harga saham
tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan makanan
dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2021;
3]. Pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap harga saham tidak berpengaruh
signifikan terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2021; 4]. Pengaruh
profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham tidak
berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan
minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2021.
Diharapkan perusahaan dapat lebih tegas dan teliti dalam meningkatkan harga
saham, sehingga calon investor lebih tertarik untuk berinvestasi di perusahaan
karena dianggap akan menguntungkan.