Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efek dari Model Pembelajaran Terhadap Pembentukan self-esteem siswa Dalam Pembinaan Pencak Silat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen desain Pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas X SMAN 25 Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling, Sehingga diperoleh sampel sebanyak 40 siswa. Peneliti membagi masing-masing menjadi dua kelompok, yaitu yang diajar melalui model pembelanjaran konvensional sebanyak 20 siswa dan inkuiri 20 siswa. Waktu penelitian berlangsung dalam 16 kali pertemuan, dengan frekuensi 1 minggu 3 kali. Instrumen yang digunakan adalah program pembelajaran dan angket pembentukan self-esteem (memakai angket rujukan coopersmith).
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan pembentukan self-esteem dalam pembinaan pencak silat antara siswa yang mengikuti perlakuan melalui model pembelajaran inkuiri dan siswa yang mengikuti perlakuan model pembelajaran konvensional. (2) Hasil pembentukan self-esteem dalam pembinaan pencak silat pada kelompok siswa yang diajar melalui model pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada kelompok siswa yang diajar melalui model pembelajaran konvensional. (3) Hasil pembentukan self-esteem dalam pembinaan pencak silat pada kelompok siswa yang diajar melalui model pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada kelompok siswa yang diajar melalui model pembelajaran konvensional