Abstract:
Digitalisasi wisata merupakan salah satu strategi terpenting untuk menyiapkan generasi
masyarakat yang berorientasi digital untuk memenuhi kebutuhan perjalanan. Digitalisasi wisata
dinilai sebagai langkah tepat untuk mempromosikan pariwisata dengan pendekatan digital,
mempengaruhi pengembangan potensi wisata di desa wisata sambirejo. Metode analisis yang
digunakan penelitian ini adalah metode analisis kualitatif dengan menganalisis studi
kepustakaan dan studi lapangan dengan diperoleh langsung dari lapangan dengan cara
wawancara dan survey. Strategi yang dapat dilakukan dalam digitalisasi desa wisata adalah
dengan meningkatkan pengelolaan desa wisata sambirejo, infrastruktur desa wisata, bentukbentuk digitalisasi desa wisata dan pengelolaan digitalisasi desa wisata sambirejo. Hasil
penelitian dari beberapa studi kasus menjunjukan bahwa pengembangan desa wisata dan
digitalisasi desa wisata kepada wisatawan, termasuk akses dalam karang organisasi pemasaran,
memfasilitasi pariwisata. Wisatawan menerima informasi tentang tujuan dan meminimalkan
biaya bagi penyelenggara dan pengelola, serta wisatawan. Dengan adanya digitalisasi desa
wisata, secara tindak langsung dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan mendorong
pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.