dc.contributor.author |
Fatimah, Ai Tusi |
|
dc.contributor.author |
Isyanto, Agus Yuniawan |
|
dc.contributor.author |
Toto |
|
dc.date.accessioned |
2023-05-30T01:02:04Z |
|
dc.date.available |
2023-05-30T01:02:04Z |
|
dc.date.issued |
2022-09-1 |
|
dc.identifier.citation |
Fatimah, A. T., Isyanto, A. Y., & Toto. (2022). Pengantar untuk Konversi Pendidikan STEM ke STEAM-H. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. |
en_US |
dc.identifier.isbn |
978-623-448-192-1 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3117 |
|
dc.description.abstract |
Buku “Pengantar untuk Konversi Pendidikan STEM ke STEAM-H” mengantarkan pendidikan STEAM-H sebagai perluasan dari pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, & Mathematics). Kerangka kerja pendidikan STEM yang telah lama berkembang dan terpublikasi di jurnal dan prosiding bereputasi dijadikan acuan dalam konversi pendidikan STEM ke pendidikan STEAM-H. Lebih dari enam ratus artikel tentang STEM ditelusuri. Melalui bantuan VosViewer, diperoleh gambaran hasil riset pendidikan STEM dari beragam perspektif, sehingga diperoleh istilah-istilah penting yang menjadi karakteristik utama pembuka perspektif pendidikan STEAM-H ini.
Pola integrasi merupakan istilah utama yang diadopsi dari pendidikan STEM terintegrasi. Pola integrasi merupakan istilah penting sebagai landasan implementasi integrasi antara beberapa disiplin ilmu dalam STEAM-H. Konten (konsep dan keterampilan) antar disiplin ilmu menjadi bagian penting dari proses implementasi integrasi tersebut. Pola integrasi juga mengantarkan pada prinsip pembelajaran yang dapat diimplementasikan dengan beragam pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan jenis, jenjang, dan tingkat pendidikan.
Mengawali hadirnya pendidikan STEAM-H, perlu memperhatikan prinsip pembelajaran, lingkungan belajar, dan asesmen. Ketiganya ditransmisikan dalam buku ini. Namun demikian, perlu digali lebih lanjut dalam riset-riset mendatang supaya kerangka kerja STEAM-H dapat terwujud dan terimplementasi sesuai dengan jenis, jenjang, dan tingkat pendidikan.
Sebagai pengantar pendidikan STEAM-H terintegrasi, buku ini diharapkan dapat membuka paradigma baru dan menambah khasanah keilmuan. Lebih jauh lagi, buku ini dapat memberi kontribusi dan jejaring kolaborasi antara berbagai elemen. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi 2022 DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI, RISET, DAN TEKNOLOGI KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN,RISET, DAN TEKNOLOGI |
en_US |
dc.publisher |
Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia |
en_US |
dc.subject |
STEAM-H |
en_US |
dc.subject |
STEM |
en_US |
dc.title |
Pengantar untuk Konversi Pendidikan STEM ke STEAM-H |
en_US |
dc.type |
Book |
en_US |