dc.contributor.author |
Fatimah, Ai Tusi |
|
dc.contributor.author |
Isyanto, Agus Yuniawan |
|
dc.contributor.author |
Toto |
|
dc.date.accessioned |
2023-05-30T00:50:43Z |
|
dc.date.available |
2023-05-30T00:50:43Z |
|
dc.date.issued |
2022-07-01 |
|
dc.identifier.citation |
Fatimah, A. T., Isyanto, A. Y., & Toto. (2022). Konteks dan Konsep Matematika di SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi Sebuah Pengantar Menuju Merdeka Belajar. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. |
en_US |
dc.identifier.issn |
978-623-448-178-5 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3116 |
|
dc.description.abstract |
Buku "Konteks dan Konsep Matematika di SMK/MAK Bidang Agribisnis dan Agriteknologi: Sebuah Pengantar Menuju Merdeka Belajar” merupakan salah satu rangkaian hasil penelitian STEAM-H (Science, Technology, Engineering, Agriculture, Mathematics & Health) di SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi. Di Indonesia, SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi merupakan sekolah kejuruan pada bidang pertanian. Matematika merupakan bagian dari STEAM-H yang masuk pada salah satu mata pelajaran di SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi.
Buku ini menggali konteks pertanian dalam ruang lingkup SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi yang terkoneksi dengan konten Matematika. Koneksi ini terjalin dua arah, konteks pertanian dan konten matematika. Hal ini menimbulkan pertanyaan. Konteks pertanian apa saja yang membutuhkan Matematika dalam penyelesaian masalah? Konten Matematika seperti apa yang dibutuhkan peserta didik SMK/MAK pertanian untuk menyelesaikan masalah pertanian?
Dengan mengetahui koneksi konteks pertanian dan konten Matematika, guru dapat mempertimbangkan dan memperdalam standar isi matematika yang akan dikaji bersama peserta didiknya. Standar isi merupakan kriteria minimal yang mencakup ruang lingkup materi yang sesuai dengan capaian kompetensi lulusan SMK/MAK yang diproyeksikan selaras dengan dunia kerja.
Pengetahuan guru terhadap koneksi konteks pertanian dan konten matematika dapat membantu implementasi kurikulum di SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi. Hal ini selaras dengan Kurikulum Merdeka yang menuntun guru Mata Pelajaran Matematika SMK/MAK untuk memberikan materi yang bersifat umum di Kelas X sebagai dasar pembelajaran pada tingkat kelas berikutnya. Di Kelas XI dan Kelas XII, materi Matematika diberikan sebagai pendalaman materi dalam konteks kejuruan pada masing-masing program keahlian. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi 2022
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI, RISET, DAN TEKNOLOGI
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN,RISET, DAN TEKNOLOGI |
en_US |
dc.publisher |
Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia |
en_US |
dc.subject |
agribisnis dan agriteknologi |
en_US |
dc.subject |
konteks |
en_US |
dc.subject |
konsep matematika |
en_US |
dc.title |
Konteks dan Konten Matematika di SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi Sebuah Pengantar Menuju Merdeka Belajar |
en_US |
dc.type |
Book |
en_US |