Unigal Repository

PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPLUSE BUYING (Studi pada Konsumen Toserba Pajajaran Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Irfan Ardiansyah, Indra
dc.contributor.author Mulyatini, Nurdiana
dc.contributor.author Prabowo, FHE
dc.date.accessioned 2023-05-12T06:58:50Z
dc.date.available 2023-05-12T06:58:50Z
dc.date.issued 2023-04-07
dc.identifier.issn 3402170323
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3074
dc.description.abstract Keputusan pembelian impulsif atau impulse buying merupakan tindakan pembelian yang dilakukan tanpa perencanaan sebelumnya, yang ditimbulkan karena adanya dorongan emosi yang kuat terhadap keinginan pada suatu produk. Salah satu aspek yang erat kaitannya dengan impulse buying adalah shopping Lifestyle. Selain itu positive emotion juga erat kaitannya dengan perilaku impulse buying, karena masyarakat yang mempunyai gaya hidup berbelanja tinggi untuk memenuhi kebutuhan fashion akan membentuk positive emotion apabila kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. Namun demikian berdasarkan hasil observasi awal yang peneliti lakukan pada Toserba Pajajaran Ciamis diketahui bahwa keptutusan pembelian implusif belum sepenuhnya optimal, hal ini karena belum sepenuhnya konsumen mengetahui mengenai perkembangan produk fashion yang dipasarkan di Toserba Pajajaran yang mengikuti perkembangan fashion yang ada di Indonesia sehingga konsumen kurang mengetahui mengenai keunggulan- keunggulan produk fashion yang dipasarkan oleh pihak perusahaan. Hal tersebut diperkuat oleh data yang diperoleh dari laporan penjualan Toserba Pajajaran Ciamis selama periode bulan September sampai dengan Bulan Desember 2021 yang cenderung berfluktuasi bahkan cenderung menurun. Permasalahan tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya shopping lifestyle dan positive emotion. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana pengaruh shopping lifestyle terhadap impluse buying pada konsumen Toserba Pajajaran Ciamis?; Bagaimana pengaruh positive emotion terhadap impluse buying pada konsumen Toserba Pajajaran Ciamis?; Bagaimana pengaruh shopping lifestyle dan positive emotion terhadap impluse buying pada konsumen Toserba Pajajaran Ciamis?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh shopping lifestyle terhadap impluse buying pada konsumen Toserba Pajajaran Ciamis; Pengaruh positive emotion terhadap impluse buying pada konsumen Toserba Pajajaran Ciamis; Pengaruh shopping lifestyle dan positive emotion terhadap impluse buying pada konsumen Toserba Pajajaran Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata konsumen yaitu sebanyak 1.222 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak 93 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: Terdapat pengaruh positif dan signifikan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada Toserba Pajajaran Ciamis; Terdapat pengaruh positif dan signifikan positive emotion terhadap impulse buying pada Toserba Pajajaran Ciamis; Terdapat pengaruh positif dan signifikan shopping lifestyle dan positive emotion terhadap impulse buying pada Toserba Pajajaran Ciamis. Artinya semakin baik shopping lifestyle dan positive emotion maka impulse buying konsumen akan meningkat. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis en_US
dc.subject Shopping Lifestyle, Positive Emotion dan Impluse Buying en_US
dc.title PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPLUSE BUYING (Studi pada Konsumen Toserba Pajajaran Ciamis) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account