dc.description.abstract |
Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa permasalahan dalam penelitian
ini adalah: 1) Seberapa Besar Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan
Pembelian? 2) Seberapa Besar Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian?
3) Seberapa Besar Pengaruh Viral Marketing dan Harga terhadap Keputusan
Pembelian? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya
pengaruh: 1) viral marketing terhadap keputusan pembelian, 2) harga terhadap
keputusan pembelian, dan 3) Viral marketing dan harga terhadap keputusan
pembelian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan analisis koefisien korelasi product moment, uji koefisien determinasi,
uji hopotesis menggunakan uji signifikansi (uji t) dan uji F serta uji regresi linier
ganda.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Viral marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Prodi Manajemen
Universitas Galuh Ciamis Pengguna Aplikasi instagram. hal ini berarti bahwa
naik/turunnya nilai viral marketing akan berakibat secara nyata pada
naik/turunnya keputusan pembelian. Adapun besarnya pengaruh viral marketing
terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Prodi Manajemen Universitas
Galuh Ciamis Pengguna Aplikasi Instagram adalah sebesar 58,18% sedangkan
41,82% sisanya merupakan pengaruh faktor lain yang tidak diteliti. 2) Harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa
Prodi Manajemen Universitas Galuh Ciamis Pengguna Aplikasi Instagram. Hal ini
berarti bahwa naik/turunnya nilai harga berakibat pada naik/turunnya keputusan
pembelian. Adapun besarnya pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada
Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Galuh Ciamis Pengguna Aplikasi
Instagram adalah sebesar 41,74% sedangkan 58,26% sisanya merupakan pengaruh
faktor lain yang tidak diteliti. 3) Viral marketing dan harga berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Prodi Manajemen
Universitas Galuh Ciamis pengguna Aplikasi Instagram. Hal ini berarti bahwa
naik/turunnya viral marketing dan harga akan berakibat pada naik/turunnya
keputusan pembelian. Adapun besarnya pengaruh viral marketing dan harga
terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas
Galuh Ciamis Pengguna Aplikasi Instagram sebesar 68,35% sementara 31,65%
sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. |
en_US |