Abstract:
ABSTRAK
RUSMAYADI, NIM 3402180475. “Pengaruh Hadiah Dan Bonus Pack
Terhadap Impulse Buyingi (Survei pada Konsumen Griya Toserba Ciawi
Kabupaten Tasikmalaya).” Dibawah bimbingan Dr. H. Enas S.E., M.M
(Pembimbing I) dan Kasman, M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh hadiah terhadap impulse
buying; (2) Pengaruh bonus pack terhadap impulse buying; dan (3) Pengaruh
hadiah dan bonus pack terhadap impulse buying. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dengan mengunakan survei. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui data primer yaitu data yang diperoleh
langsung dari subjek penelitian dalam hal ini konsumen dari Griya Toserba Ciawi
dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Alat
pengujian data yang digunakan adalah software SPSS versi 25.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hadiah berpengaruh signifikan terhadap
impulse buying. Hal ini ditujukkan dari nilai t hitung yaitu sebesar 1,992 dimana nilai
tersebut lebih besar dari t tabel yaitu 1,98472 atau nilai signifikansi sebesar 0,049 <
0,05 dengan nilai korelasi sebesar 0,211 yang termasuk kategori hubungan yang
lemah dengan nilai determinasi sebesar 4,4%; (2) Bonus pack berpengaruh
signifikan terhadap impulse buying. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung yaitu
sebesar 5,090 dimana nilai tersebut lebih besar dari t tabel yaitu 1,98472 atau nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai korelasi sebesar 0,464 yang
termasuk kategori hubungan yang cukup kuat dengan nilai determinasi sebesar
21,5%; dan (3) Hadiah dan bonus pack berpengaruh signifikan terhadap impulse
buying. Hal ini ditunjukkan dari nilai F hitung yaitu sebesar 15,806 dimana nilai
tersebut lebih besar dari F tabel yaitu 3,09 atau nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05
dengan nilai korelasi sebesar 0,496 yang termasuk kategori hubungan yang cukup
kuat dengan nilai determinasi sebesar 24,6%.