Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model PjBL-STEM terhadap keterampilan berpikir
tingkat tinggi siswa. Sampel penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP berjumlah 26 orang yang diambil
dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan disain The-One
Group Pretest-Posttest . Teknik pengambilan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Instrumen penelitian berupa soal
keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meliputi analisis, evaluasi, dan mencipta dalam bentuk uraian Data hasil penelitian
dianalisis secara statistik yang meliputi uji N-Gain, uji normalitas, dan uji hipotesis (uji Z). Hasil perhitungan uji hipotesis
dengan menggunakan uji Z diperoleh hasil Zhitung = 2,89 ≥ Ztabel = 2,33 yang menunjukkan bahwa hipotesis
diterima, Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan penerapan model PjBL-
STEM terhadap peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi bioteknologi. Hasil penelitian ini dapat
digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi
bioteknologi.