Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Rasio Likuidias dan Profitabilitas Terhada Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada PT Unilever Indonesia, Tbk, yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Periode 2008-2017)
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1). Bagaimana pengaruh Rasio Likuiditas terhadap nilai perusahaan pada PT. Unilever Indonesia TBK, Periode 2008-2017 ?. 2). Bagaimana pengaruh Profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT. Unilever Indonesia TBK, Periode 2008-2017 ?. 3). Bagaimana pengaruh Rasio Likuiditas dan Profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT. Unilever Indonesia TBK, Periode 2008-2017 ?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis Koefisien Korelasi product moment, Uji Koefisien Determinasi, Uji Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikasi Uji T dan Uji F.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa variabel rasio likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan PT Unilever Indonesia, Tbk, nilai thitung sebesar -1,569 lebih kecil dari ttabel sebesar 2.3060. Sedangkan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan PT Unilever Indonesia, Tbk, nilai thitung sebesar 1.734 lebih kecil dari ttabel sebesar 2.3060. Secara simultan rasio likuiditas dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaa. Hasil dari perhitungan uji fhitung lebih kecil daripada ftabel sebesar 1,88<4,74.
Diharapkan perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk, lebih memperhatikan dalam mengelola rasio likuiditas dan profitabilitas secara efektif sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan.