Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh marketing mix terhadap keberhasilan
minat beli konsumen. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)
Bagaimana Marketing Mix UMKM Makroni Bantet Suci?, 2) Bagaimana Minat
Beli Konsumen UMKM Makroni Bantet Suci?, 3) Bagaimana Pengaruh
Marketing Mix terhadap Minat Beli Konsumen pada UMKM Makroni Bantet
Suci?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi ini diambil dari jumlah konsumen yang datang
selama satu tahun 2021 yaitu sebanyak 2.783 orang, sampel yang diambil dalam
penelitian ini adalah sebanyak 97 orang dengan menggunakan rumus slovin.
Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu
observasi, studi kepustakaan dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis
analisis regresi sederhana, koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji
hipotesi. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1)
Marketing mix pada UMKM Makroni Bantet Suci di Desa Lebakwangi
Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka berada pada kategori baik. Hal ini
dibuktikan dengan hasil rekapitulasi angket dengan rata-rata skor sebesar 2.684
atau jika dirata-ratakan sebesar 335,5 yang termasuk kategori baik,. Artinya
marketing mix yang diterapkan oleh UMKM Makroni Bantet Suci berada dalam
kategori baik dengan skor yang tertinggi adalah pada indikator lokasi (place) yaitu
dengan rata-rata skor 340, sementara skor yang paling rendah yaitu pada indikator
harga (price) yaitu dengan rata-rata 331,5, 2) Minat beli konsumen pada UMKM
Makroni Bantet Suci di Desa Lebakwangi Kecamatan Malausma Kabupaten
Majalengka berada pada kategori cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil
rekapitulasi angket dengan rata-rata skor sebesar 2.644 atau jika dirata-ratakan
sebesar 330,5 yang termasuk kategori cukup baik,. Artinya minat beli konsumen
yang diterapkan oleh UMKM Makroni Bantet Suci berada dalam kategori baik
dengan skor yang tertinggi adalah pada indikator tindakan (action) yaitu dengan
rata-rata skor 334 sementara skor yang paling rendah yaitu pada indikator
perhatian (attention) yaitu dengan rata-rata 328,5, 3) Marketing Mix berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada UMKM Makroni Bantet
Suci di Desa Lebakwangi Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka, hasil uji
korelasi sebesar 0,601 yang memiliki tingkat hubungan yang kuat, dengan tingkat
pengaruh sebesar 36,12% yang artinya bahwa marketing mix berpengaruh
terhadap minat beli konsumen sebesar 36,12%. Artinya apabila penerapan
marketing mix optimal, maka minat beli konsumen akan meningkat.