Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Marketing Information System terhadap Pengambilan Keputusan (Studi Kasus pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana marketing information system pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis? ; 2). Bagaimana pengambilan keputusan pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis? ; 3). Bagaimana pengaruh marketing information system terhadap pengambilan keputusan pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Marketing information system pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis; 2). Pengambilan keputusan pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis; 3). Pengaruh marketing information system terhadap pengambilan keputusan pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa marketing information system berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis dengan besarnya pengaruh 68,06% dan sisanya 31,94% dipengaruhi faktor lain.
Diharapkan PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis mempertahankan dan memperhatikan marketing information system sehingga akan memperbaiki pengambilan keputusan.