Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini meliputi. (1) Bagaimana strategi bisnis yang
diterapkan di Perusahaan Wajan Cap Bunga Matahari?; (2) Bagaimana peningkatan
laba Perusahaan Wajan Cap Bunga Matahari?; dan (3) Bagaimana strategi bisnis
dalam meningkatkan laba Perusahaan Wajan Cap Bunga Matahari bisa meningkat?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis ketiga
permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh
data yang dibutuhkan digunakan teknik studi lapangan yang meliputi observasi dan
wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Data yang sudah terkumpul,
dianalisis dengan cara mendeskripsikannnya secara komprehensif sesuai permasalah
yang dikaji dalam penelitian ini yang meliputi strategi bisnis yang digunakan, laba
perusahaan dan strategi bisnis yang digunakan dalam meningkatkan laba perusahaan.
Adapun hasil yang telah diperoleh melalui analisis data, yaitu sebagai berikut. (1)
Perusahaan Wajan Cap Bunga Matahari telah menerapkan strategi bisnis yang
meliputi (a) pengembangan visi dan misi perusahaan dilakukan secara konsisten dan
kontinyu; (b) berkaitan dengan faktor internal (c) Mengenai strategi yang diterapkan
pihak perusahaan untuk faktor eksternal perusahaan; (d) penerapan strategi jangka
panjang. (2) laba Perusahaan Wajan Cap Bunga Matahari selama periode 2012-2017
cenderung mengalami pluktuatif. Hal ini disebabkan naik-turunya biaya yang harus
dikeluarkan oleh perusahaan, selain itu beban pajak yang mengalami pluktuatif pula,
turut berpengaruh terhadap keadaan laba perusahaan; dan (3) Strategi bisnis yang
dilakukan Perusahaan Wajan Cap Bunga Matahari dalam meningkatkan laba
perusahaan melalui analisis SWOT. Suatu strategi digunakan dalam perusahaan
bertujuan untuk membantu perusahaan agar mencapai tujuannnya. Tujuan utama dari
didirikannya suatu perusahaan adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan