Abstract:
Penelitian ini difokuskan kepada Pengaruh Tata Lerak (Layout) Ritel terhadap
Kepuasan Konsumen (Suatu Studi pada Laksana Baru Swalayan).
Permasalahan yang dihadapi dalam penilitan ini meliputi : 1). Bagaimana
pelaksanaan tata letak ritel di Laksana Baru Swalayan ?; 2). Bagaimana tingkat
kepuasan konsumen pada saat berbelanja di Laksana Baru Swalayan ?; 3).
Bagaimana pengaruh tata letak ritel terhadap kepuasan konsumen di Laksana Baru
Swalayan ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1).
Perancangan tata letak toko pada Laksana Baru Swalayan; 2). Tingkat kepuasan
konsumen pada saat berbelanja di Laksana Baru Swalayan; 3). Pengaruh tata letak
toko terhadap kepuasan konsumen pada Laksana Baru Swalayan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi,
Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi
(Uji t).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa ; 1). Tata letak
(layout) ritel pada Laksana Baru Swalayan sudah sangat baik, yang artinya tata
letak (layout) ritel pada Laksana Baru Swalayan sudah sesuai dengan tujuan dan
indikator tata letak ritel yang telah ditetapkan; 2). Kepuasan konsumen pada
Laksana Baru Swalayan sudah terpenuhi dengan sangat baik sesuai dengan
indikator-indikator kepuasan konsumen; 3). Tata letak (layout) ritel berpengaruh
positif terhadap kepuasan konsumen pada Laksana Baru Swalayan. Berdasarkan
hasil penelitian, diketahui bahwa tingkat keeratan hubungan tata letak (layout)
ritel terhadap kepuasan konsumen berada pada kategori sedang. Setelah dilakukan
uji hipotesis, maka dapat diketahui bahwa hipotesis diterima, artinya tata letak
(layout) ritel secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.