Unigal Repository

PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP KETERAMPILAN PUKULAN FOREHAND DALAM TENIS MEJA

Show simple item record

dc.contributor.author DADAN RAMDANI, MUHAMAD
dc.contributor.author Suhendra, Dede Iman
dc.contributor.author Sugiawardana, Ruli
dc.date.accessioned 2023-02-20T07:15:09Z
dc.date.available 2023-02-20T07:15:09Z
dc.date.issued 2022-06
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2556
dc.description.abstract ABSTRAK MUHAMAD DADAN RAMDANI. 2124180056. “Perbandingan Pengaruh Metode Pembelajaran Bagian Dan Keseluruhan Terhadap Keterampilan Pukulan Forehand Dalam Tenis Meja”. Selama penulisan skripsi ini, penulis dibawah bimbingan Bapak Dr. Dede Iman Suhendra, M.Pd., sebagai pembimbing I dan Ruli Sugiawardana, M.Pd., selaku pembimbing II. Penelitian yang penulis lakukan yaitu “Perbandingan Pengaruh Metode Pembelajaran Bagian Dan Keseluruhan Terhadap Keterampilan Pukulan Forehand Dalam Tenis Meja”. Penelitian ini tentu memiliki sasaran serta tujuan yang akan diambil. Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran bagian dan keseluruhan keterampilan pukulan forehand dalam tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cikoneng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true-eksperiment design, salah satu desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “two group pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cikoneng yang berjumlah 70 orang yang terdiri dari kelas VIII A = 26 orang, kelas VIII B = 27 orang, dan kelas VIII C = 17. Sampel yang digunakan sebanyak 30 orang. Berdasarkan tabel tersebut, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran bagian dan metode pembelajaran keseluruhan terhadap peningkatan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cikoneng, yaitu dengan diperolehnya nilai t-hitung=0,21, karena t-hitung > t-tabel atau 0,21 > 2,048, dengan nilai t-tabel(α)=0,05 dengan dk=(n1+n2-2), yaitu diperoleh t- tabel = 2,048. Berdasarkan hasil perhitungan secara statistik, maka penulis menemukan beberapa kesimpulan, yaitu sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran bagian terhadap peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cikoneng. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran keseluruhan terhadap peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cikoneng. 3. Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran bagian dan metode pembelajaran keseluruhan terhadap peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cikoneng, artinya latihan pukulan forehand tenis meja dengan metode pembelajaran bagian lebih signifikan dilakukan dibandingkan dengan latihan forehand tenis meja dengan metode pembelajaran keseluruhan dalam upaya peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.title PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP KETERAMPILAN PUKULAN FOREHAND DALAM TENIS MEJA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account