Abstract:
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana
pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma
Kawali?; 2) Bagaimana pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan Toserba
Gunasalma Kawali?; dan 3) Bagaimana pengaruh kualitas layanan dan harga
terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali?. Tujuan penelitian ini
yaitu untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh kualitas layanan terhadap
kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali; 2) Pengaruh harga terhadap
kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali; dan 3) Pengaruh kualitas
layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan
metode survey explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan
Toserba Gunasalma Kawali, yang mana jumlah pelanggan Toserba Gunasalma
Kawali pada bulan Agustus 2022 adalah sebanyak 22.997. Dengan menggunakan
simple random sampling maka sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak
100 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner,
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan
yaitu: analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis koefisien korelasi
sederhana dan berganda, analisis koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas layanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali; 2) Harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Toserba
Gunasalma Kawali; dan 3) Kualitas layanan dan harga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan Toserba Gunasalma Kawali. Saran yang
dapat diberikan yaitu Pimpinan maupun Manager Toserba Gunasalma Kawali
diharapkan dapat memberikan pelayanan prima serta menetapkan atau
menawarkan harga jual produk yang terjangkau oleh pelanggan agar tingkat
kepuasan pelanggan dalam berbelanja menjadi lebih meningkat.