Abstract:
Keputusan pembelian konsumen menjadi faktor yang penting dalam penentu
eksistensi suatu perusahaan. Suatu perusahaan dapat terus eksis jika rangsangan
konsumen dalam memutuskan pembelian produk dari suatu pasar mendapat
respons yang positif dari pasar itu sendiri. Namun demikian berdasarkan hasil
observasi awal yang penulis lakukan pada promotor smartphone OPPO di Agung
Cell Ciamis diketahui bahwa keputusan pembelian konsumen untuk membeli
Smartphone Oppo belum sepenuhnya optimal, hal tersebut dapat dilihat dari
masih ada konsumen yang lebih memilih untuk membeli smartphone selain
produk OPPO seperti Realme, Xiaomi dan Vivo. Permasalahan tersebut
diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan diferensiasi produk dan promosi
yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu: Bagaimana pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan
pembelian pada produk smarthpone Oppo di Agung Cell Ciamis?; Bagaimana
pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada produk smartphone Oppo
di Agung Cell Ciamis?; Bagaimana pengaruh diferensiasi produk dan promosi
terhadap keputusan pembelian pada produk smartphone Oppo di Agung Cell
Ciamis?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis:
Pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian pada produk
smarthpone Oppo di Agung Cell Ciamis; Pengaruh promosi terhadap keputusan
pembelian pada produk smartphone Oppo di Agung Cell Ciamis; Pengaruh
diferensiasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian pada produk
smartphone Oppo di Agung Cell Ciamis. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah survey explanatory dengan pendekatan data kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah Oppo pada bulan Januari–Desember 2021
yaitu sebanyak 1.447 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak 94 orang.
Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu
studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian,
dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: Terdapat pengaruh positif dan
signifikan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada
smartphone Oppo di Agung Cell Ciamis; Terdapat pengaruh positif dan signifikan
promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone Oppo di
Agung Cell Ciamis; Terdapat pengaruh positif dan signifikan diferensiasi produk
dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone Oppo di
Agung Cell Ciamis. Artinya semakin baik pelaksanaan diferensiasi produk dan
promosi maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat.