dc.description.abstract |
Kebutuhan manusia beragam, salah satunya untuk meningkatkan rasa percaya diri
dan tampil menarik dengan menggunakan berbagai macam kosmetik, berbagai
produk banyak bermunculan umumnya produk tersebut mengutamakan daya tarik
konsumen, tidak jarang produk tersebut merupakan hasil inovasi dari produk yang
telah ada sebelumnya. Sehingga konsumen menyukai produk yang dapat
dipercaya dan mencari tahu banyak hal tentang produk tersebut (brand liking),
dalam kondisi ini maka muncullah persaingan antar merek (brand competence),
yang akan menciptakan kepercayaan terhadap suatu merek (brand loyalty).
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
brand liking dan brand competence terhadap brand loyalty pada produk
Somethinc di Toko kosmetik Beautebox Tasikmalaya. Metode yang digunakan
pada penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif.
Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis deskriptif
dan verifikatif meliputi Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien
Determinasi, Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi
Berganda, Analisis Regresi Linear Berganda dan Uji Hipotesis menggunakan Uji
Signifikan (Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data
menunjukkan bahwa Brand liking berpengaruh positif terhadap brand loyalty
pada produk Somethinc di Toko Kosmetik Beautebox Tasikmalaya, dengan
tingkat keeratan hubungan berada pada korelasi sedang. Brand Competence
berpengaruh positif terhadap Brand Loyalty pada produk Somethinc di Toko
kosmetik Beautebox Tasikmalaya, dengan tingkat keeratan hubungan berada pada
korelasi sedang. Brand liking dan brand competence berpengaruh positif dan
simultan (bersama – sama) terhadap brand loyalty pada produk Somethinc di
Toko Kosmetik Beautebox Tasikmalaya, dengan nilai r = 2,12 yang berarti tingkat
keeratan hubungannya sangat kuat dan memiliki korelasi positif. Hasil uji
hipotesis diketahui bahwa F hitung 6,62 > 3,12 F tabel . Dengan demikian berarti apabila
brand liking dan brand competence meningkat, maka brand loyalty juga
meningkat. Bagi peneliti selanjutnya dapat ditambahkan lagi variabel lain yang
dapat mempengaruhi brand loyalty. |
en_US |