Unigal Repository

PENGARUH KEBUTUHAN DAN REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada Alfamart Pulomaju Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Permana, Deri Restu
dc.contributor.author Budianto, Apri
dc.contributor.author Herlina, Nina
dc.date.accessioned 2023-01-10T03:25:16Z
dc.date.available 2023-01-10T03:25:16Z
dc.date.issued 2023-01-01
dc.identifier.issn 3402180270
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2459
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keputusan pembelian pada Alfamart Pulomaju Ciamis, yang dapat dilihat dari penjualan produk private brand Alfamart masih ada yang tidak mencapai target penjualan.. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya kebutuhan dan referensi konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan oleh pihak perusahaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah pengaruh kebutuhan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Pulomaju Ciamis?; 2) Bagaimanakah pengaruh referensi terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Pulomaju Ciamis?; 3) Bagaimanakah pengaruh kebutuhan dan referensi terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Pulomaju Ciamis?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1)Pengaruh kebutuhan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Pulomaju Ciamis; 2) Pengaruh referensi terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Pulomaju Ciamis; 3) Pengaruh kebutuhan dan referensi terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Pulomaju Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah konsumen pada Alfamart Pulomaju Ciamis selama bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2021 dengan jumlah pelanggan sebanyak 5.823 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak 98 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kebutuhan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Alfamart Pulomaju Ciamis. Artinya apabila kebutuhan konsumen meningkat maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 41,36%; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan referensi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Alfamart Pulomaju Ciamis. Artinya apabila referensi konsumen meningkat maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 91,64%; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kebutuhan dan referensi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Alfamart Pulomaju Ciamis. Artinya apabila kebutuhan dan referensi konsumen meningkat maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 91,67%. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis en_US
dc.subject Kebutuhan, Referensi Berbelanja dan Keputusan Pembelian en_US
dc.title PENGARUH KEBUTUHAN DAN REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada Alfamart Pulomaju Ciamis) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account