dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keputusan pembelian pada
Alfamart Pulomaju Ciamis, yang dapat dilihat dari penjualan produk private
brand Alfamart masih ada yang tidak mencapai target penjualan.. Hal tersebut
diakibatkan oleh belum optimalnya kebutuhan dan referensi konsumen untuk
membeli produk yang dipasarkan oleh pihak perusahaan. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah pengaruh kebutuhan
terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Pulomaju Ciamis?; 2)
Bagaimanakah pengaruh referensi terhadap keputusan pembelian pada Alfamart
Pulomaju Ciamis?; 3) Bagaimanakah pengaruh kebutuhan dan referensi terhadap
keputusan pembelian pada Alfamart Pulomaju Ciamis?. Adapun tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1)Pengaruh kebutuhan
terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Pulomaju Ciamis; 2) Pengaruh
referensi terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Pulomaju Ciamis; 3)
Pengaruh kebutuhan dan referensi terhadap keputusan pembelian pada Alfamart
Pulomaju Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif analisis dengan pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian
adalah konsumen pada Alfamart Pulomaju Ciamis selama bulan Agustus sampai
dengan bulan Desember 2021 dengan jumlah pelanggan sebanyak 5.823 orang,
sampel yang dipilih adalah sebanyak 98 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan
data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan
dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan
sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kebutuhan terhadap
keputusan pembelian konsumen pada Alfamart Pulomaju Ciamis. Artinya apabila
kebutuhan konsumen meningkat maka keputusan pembelian konsumen akan
meningkat. Adapun besarnya pengaruh sebesar 41,36%; 2) Terdapat pengaruh
positif dan signifikan referensi terhadap keputusan pembelian konsumen pada
Alfamart Pulomaju Ciamis. Artinya apabila referensi konsumen meningkat maka
keputusan pembelian konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh
sebesar 91,64%; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kebutuhan dan
referensi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Alfamart Pulomaju
Ciamis. Artinya apabila kebutuhan dan referensi konsumen meningkat maka
keputusan pembelian konsumen akan meningkat. Adapun besarnya pengaruh
sebesar 91,67%. |
en_US |