Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Brand Positioning Dan Brand Awareness
Terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi Pada Konsumen Pengguna Brand
Smartphone Samsung Di Kelurahan Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana
pengaruh brand positioning terhadap loyalitas pelanggan pengguna Smartphone
Brand Samsung; 2]. Bagaimana pengaruh brand awareness terhadap loyalitas
pelanggan pengguna Smartphone Brand Samsung; 3]. Bagaimana pengaruh brand
positioning dan brand awareness terhadap loyalitas pelanggan pengguna
Smartphone Brand Samsung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis 1]. Brand positioning terhadap loyalitas pelanggan
pengguna Smartphone Brand Samsung; 2]. Brand awareness terhadap loyalitas
pelanggan pengguna Smartphone Brand Samsung; 3]. Brand positioning dan
brand awareness berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pengguna Smartphone
Brand Samsung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan
menggunakan teknik survey untuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan data primer melalui studi lapangan berupa
kuesioner secara personal. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan Analisis Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, Analisis
Regresi Linear Sederhana, Regresi Linear Berganda, Uji t dan Uji F.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa brand positioning
dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan pengguna smatphone brand samsung di Kelurahan Ciamis dengan
besarnya pengaruh 71,07% dan sisanya 28,93% dipengaruhi oleh diteliti dalam
penelitian ini.
Diharapkan Brand Samsung dapat terus mempertahankan brand positioning dan
brand awareness pada produknya sehingga dapat meningkatkan loyalitas
pelanggan.