Abstract:
ABSTRAK
I’anatul Muhtaromah Selan. Judul Skripsi “Pengaruh Blended Learning
Berbantuan Google Classroom Terhadap Peningkatan Kemampuan
Pemahaman Siswa Pada Materi Sel (Di Man 2 Ciamis)’’. Penyusun ini dibawah
bimbingan Ibu Hj. Euis Erlin, Dra.,M.Kes sebagai pembimbing I dan Bapak H.
Warsono, Drs., M.S. sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman siswa
siswa setelah diterapkannya Pengaruh Blended Learning Berbantuan Google
Clasroom Terhadap Peningkatan Kemampuan pemahaman siswa pada Materi Sel.
Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan Quasi
Eksperimen dan desain penelitiannya menggunakan One Group Pretest-Postest.
Penelitian ini menggunakan satu kelompok sampel yang dipilih secara Sampling
Purposive. Sampel yang digunakan siswa kelas Xl IPA 3 sebanyak 33 orang siswa
untuk dijadikan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah Pretest-
Postest untuk mengetahui kemampuan Pemahaman siswa melalui pembelajaran
Offline dan pembelajaran online dengan menggunakan aplikasi Google
Classroom. Hasil analisis data yang diperoleh nilai Z hitung > Ztabel yaitu 1,75 >
. Maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh Blended Learning
Berbantuan Google Classroom terhadap peningkatan kemampuan pemahaman
siswa kelas Xl IPA-3 (di MAN 2 Ciamis).
Kata kunci: Blended Learning, kemampuan pemahaman siswa, Google
Classroom, Mind Mapping