Abstract:
ABSTRAK
Nisa Zahroh Samsyiatul Hidayah. Judul Skripsi “Pengaruh Penerapan Model
Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa (Penelitian
di SMP IT Miftahul Huda II)”. Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan
Yoyon Sutresna, Drs., M.Kes , sebagai pembimbing I dan Lia Yulisma, S.Pd.,
M.Si , sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Hasil Belajar Kognitif Siswa
setelah diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitiannya menggunakan
One Group Pretest-posttest yang memberikan satu perlakuan terhadap subjek
yang sama berupa penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning
terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa kelas VIII A SMP IT Miftahul Huda II
dengan pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purpose sampling.
Adapun sampel yang terpilih adalah kela VIII A yang berjumlah 32 siswa untuk
dijadikan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest
untuk mengetahui hasil kognitif belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model Pembelajaran
Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa
Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar Kognitif.