Unigal Repository

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode 2015-2019)

Show simple item record

dc.contributor.author Muharom, Muh. Zamzam
dc.contributor.author Sukomo, S
dc.contributor.author Badriah, Elis
dc.date.accessioned 2022-12-28T04:01:32Z
dc.date.available 2022-12-28T04:01:32Z
dc.date.issued 2022-11-01
dc.identifier.issn 3403170224
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2389
dc.description.abstract Penelitian ini difokuskan pada “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Manajemen Laba di Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode 2015-2019”. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1. Bagaimana Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode 2015-2019?; 2. Bagaimana Manajemen Laba pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode 2015-2019?; dan 3. Seberapa besar pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode 2015-2019? Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode 2015-2019; 2. Untuk mengetahui Manajemen Laba pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode 2015-2019; dan 3. Untuk mengetahui Besarnya Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode 2015-2019. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Statistik Deskriptif, Koefisien Korelasi Sederhana, Regresi Linier Sederhana, Koefisien Determinasi, Uji Statistik t, dan Uji F Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa : 1. Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode 2015-2019 sudah berjalan sangat baik. Dari tahun ke tahun Pengungkapan Corporate Social Responsibility selalu mengalami kenaikan, kecuali di tahun 2019 yang mengalami sedikit penurunan, jika dirata-ratakan besarnya nilai Pengungkapan Corporate Social Responsibility dari tahun 2015 sampai tahun 2019 pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk sebesar 0,66 setiap tahunnya dan rata-rata perkembangannya mengalami kenaikan sebesar 0,01 setiap tahunnya; 2. Manajemen Laba di Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode 2015-2019 diketahui sudah diaudit sesuai KAP Big 4 oleh Siddharta Widjaya & Rekan (KPMG). Hal ini berarti dari tahun 2015 s/d 2019 PT. Unilever Indonesia, Tbk sudah sesuai dengan variabel dummy yaitu sesuai KAP Big 4; 3. Pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode 2015-2019. Artinya Pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak menberikan pengaruh yang nyata terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode 2015-2019. en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis en_US
dc.subject Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Manajemen Laba. en_US
dc.title PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode 2015-2019) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account