Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dalam hal Implementasi Kebijakan Retribusi Parkir Tepi Jalan Umum dalam Pencapaian Target Retribusi Parkir oleh Dinas Perhubungan Kota Banjar antara lain sebagai berikut, yaitu tidak tercapainya target retribusi parkir, kurangnya komunikasi dari Dinas Perhubungan Kota Banjar, dan masih terdapat juru parkir yang kurang jujur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 (orang). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui secara keseluruhan belum dilakukan secara optimal, karena masih terdapat indikator yang belum sesuai dalam pelaksanaannya, yaitu: tidak adanya komunikasi secara langsung dan tidak langsung kepada masyarakat, belum jelasnya informasi, belum konsisten dalam pelaksanaan kebijakan, belum optimalnya penyampaian informasi pelaksanaan kebijakan dan kepatuhan, belum optimalnya fasilitas parkir, dedikasi yang dilakukan belum optimal, tidak adanya insentif, dan Standar Operating Prosedur (SOP) belum berjalan dengan optimal