dc.description.abstract |
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh biaya produksi dan biaya promosi
terhadap laba usaha di PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Seberapa besar pengaruh biaya
produksi terhadap laba usaha pada PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk? 2)
Seberapa besar pengaruh biaya promosi terhadap laba usaha pada PT Hanjaya
Mandala Sampoerna Tbk? 3) Seberapa besar pengaruh biaya produksi dan biaya
promosi terhadap laba usaha pada PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk?
Metode penelitian dalam penelitian ini dengan menggunakan penelitian deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan metode analisis koefisien korelasi,
koefisien determinasi dan uji signifikansi. Teknik pengumpulan data yaitu studi
kepustakaan, dokumentasi dan browsing internet.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Biaya produksi berpengaruh positif dan
tidak signifikan terhadap laba usaha pada PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk,
dari hasil analisis perhitungan koefisien korelasi memiliki hubungan yang sangat
kuat, sedangkan besarnya pengaruh sebesar 0,9%. 2) Biaya promosi berpengaruh
negatif dan tidak signifikan terhadap laba usaha pada PT. Hanjaya Mandala Tbk dari hasil
analisis perhitungan koefisien korelasi memiliki hubungan yang sangat rendah,
sedangkan besarnya pengaruh sebesar 25,5%. 3) Biaya produksi dan biaya promosi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba usaha pada PT Hanjaya Mandala
Tbk dari hasil analisis perhitungan koefisien korelasi memiliki hubungan yang
sangat kuat, sedangkan besarnya pengaruh sebesar 15%. |
en_US |