Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kantor Kepala Desa Citeras Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kantor Kepala Desa Citeras Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer yaitu 10 orang informan dan data sekunder yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui 3 (tiga) dimensi cukup berkualitas diantaranya dimensi keandalan (realibility), dimensi daya tanggap (responsiveness), dan dimensi jaminan (assurance), serta 2 (dua) dimensi belum berkualitas yaitu dimensi bukti langsung (tangibles), dan dimensi empati. Hal tersebut dikarenakan dalam pelaksanaannya mengalami hambatan, diantaranya: kenyamanan belum dapat dirasakan oleh masyarakat karena fasilitas sarana dan prasarana pendukung yang belum sepenuhnya tersedia bagi masyarakat, dan kepentingan pribadi masih dijadikan prioritas dibandingkan kepentingan pemohon serta petugas pelayanan belum dapat menerapkan komunikasi formal kepada seluruh pemohon pelayanan.