Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya kinerja perngkat desa dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan di Desa Payungagung Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Terindikasi adanya kecacatan dalam kartu identitas kependudukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dengan jumlah 9 informan dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan (literatur/dokumentasi), studi lapangan (observasi dan wawancara), serta triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, Kinerja Perangkat Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi diukur dengan 6 dimensi dan terdiri dari 13 indikator, 4 indikator berjalan optimal, sementara 9 indikator belum berjalan secara optimal. Beberapa hambatan yang meliputi pekerjaan yang dikerjakan perangkat desa tidak sesuai dengan (TUPOKSI); waktu pelayanan yang diberikan terkadang lambat hal ini memliki sinergi menghasilkan cacat pada produk administrasi kependudukan; kurangnya kemauan meningkatkan pendidikan formal;sistem alur kerja pelayanan kurang dapat dipahami masyarakat; lambat dalam memahami instruksi pimpinan; kurang dispilin dalam jam kerja;Adapun upaya yang dilakukan yaitu melakukan pengawasan khusus terhadap segala urusan administrasi kependudukan; melakukan pendekatan pribadi oleh kepala desa kepada perangkat yang menyimpang akan disiplin waktu dan absensi; melakukan pelatihan atau sosialisai pengembanan pengetahuan teradap perangkat desa agar terciptanya pelayanan yang optimal.