Unigal Repository

PENGARUH PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS GARDUJAYA KECAMATAN PANAWANGAN KABUPATEN CIAMIS

Show simple item record

dc.contributor.author Zulfiar, Fauzan
dc.contributor.author Djadjuli, R. Didi
dc.contributor.author Henriyani, Etih
dc.date.accessioned 2022-11-05T15:15:00Z
dc.date.available 2022-11-05T15:15:00Z
dc.date.issued 2022-09-30
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2200
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangiolehpelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Gardujaya belum memberikan kepuasan kepada pasien secara optimal.Tujuan dari penelitian, 1) Untuk mengetahui pelayanan kesehatan di Puskesmas Gardujaya 2)Untuk mengetahui kepuasan pasien di puskesmas Gardujaya 3) Untuk mengetahui pengaruh antara pelayanan kesehatan terhadap kepuasan Pasien di Puskesmas Gardujaya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi diambildari rata-rata pasien yang datang ke Puskesmas Gardujaya sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik slovin sebanyak 29 orang. Teknik analisis data yaitu uji instrument, analisis regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis. Dari hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa :Hasil penelitian mengenai pelayanan di Puskesmas Gardujaya diperoleh skor sebesar 97,4 atau 67,17% termasuk kategori cukup baik. Artinya pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas Gardujaya sudah berusaha memberikan pelayanan yang terbaik.Hasil penelitian mengenai kepuasan pasien di Puskesmas Gardujaya sebesar 1.169 dengan rata-rata skor sebesar 97,41 atau 67,18% termasuk kategori cukup baik, artinya kepuasan pasien Puskesmas Gardujaya sudah cukup baik sesuai dengan indikator kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perhitungan korelasi antara dua variabel yaitu pelayanan (X) dan kepuasan pasien (Y), didapat nilai rxy sebesar 0,67 dengan menggunakan pedoman untuk memberikan interpretasi kefisien korelasi maka dapat dianalisis bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pelayanan dengan kepuasan pasien. Selanjutnya dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 44,89 yang artinya 44,89% kepuasan pasien dipengaruhi oleh pelayanan en_US
dc.publisher Universitas Galuh en_US
dc.subject Pelayanan en_US
dc.subject Kepuasan Pasien en_US
dc.title PENGARUH PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS GARDUJAYA KECAMATAN PANAWANGAN KABUPATEN CIAMIS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account

Context