NILAI-NILAI PATRIOTISME KH ZAINAL MUSTAFA 1927-1944 Ilma Fitriani (2105160043) Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Jl. R.E. Martadinata No. 150, SALSABILA Ciamis E-mail : ilmafitriani69@gmail.com Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode historis atau metode sejarah. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui studi literatur yang merupakan teknik pengumpulan data dengan menelusuri literatur yang ada serta menelaahnya secara tekun. Adapun langkah-langkah yang termasuk dalam metode sejarah dibagi menjadi empat langkah yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dann historiografi. Patriotisme adalah sikap rela berkorban untuk bangsa dan negara. Tujuan penelitian ini untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang sejarah lokal khusunya yang ada di Tasikmalaya. KH Zainal Mustafa merupakan kiai muda yang berjiwa revolusioner. Beliau menganut paham pendidikan yang sifatnya “Non Cooperation” tidak mau bekerja sama dengan pemerintahan Belanda. Secara terang-terangan beliau mengadakan kegiatan yang membangkitkan semangat kebangsaan dan sikap perlawanan terhadap pendudukan penjajah. Melalui khutbah-khutbahnya beliau selalu menyerang kebijakan politik kolonial Belanda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat nilai-nilai patriotisme KH Zainal Mustafa yang bisa membangunkan jiwa patriotisme dari dalam diri kita. Agar kita sadar betapa besarnya perjuangan pahlawan kita untuk memperjuangkan tanah air sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan sampai sekarang. Penelitian ini menggunakan desain metode sejarah dengan langkah-langkah penelitian yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan tahap terakhir yaitu historiografi, menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu studi literatur atau studi kepustakaan. Nilai-nilai patriotisme KH Zainal Mustafa yaitu Berdakwah Membangkitkan Semangat Tanah Air, Perlawanan Sukamanah Terhadap Jepang. Kata Kunci: Nilai-nilai, Patriotisme, KH Zainal Mustafa.
(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2019-08)