dc.description.abstract |
Penelitian yang dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangandaran ini berawal dari adanya masalah, bahwa Sarana dan prasarana pelayanan, seperti ruang tunggu yang kecil, kurangnya kursi di ruang tunggu dan kurangnya papan informasi tentang prosedur pelayanan. Kurangnya informasi terkait prosedur pelayanan dan Masyarakat mengeluhkan kurang telitinya pegawai dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, contoh dalam pembuatan e-KTP masih ada kesalahan dalam penulisan nama, tanggal lahir dan tahun lahir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan publik Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak Sembilan orang yang terdiri pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangandaran dan masyarakat pengunjung. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi ,wawancara dan sutdi dokumentas/literasi/pustaka. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa; kualitas pelayanan publik belum berjalan dengan baik. karena masih terdapat beberapa indikator belum sesuai dalam pelaksanaannya seperti indikator kenyamanan tempat melakukan pelayanan yang belum dapat dilaksanakan secara optimal karena tempat ruang tunggu yang kecil, iIndikator kedisiplinan petugas dalam melayani masyarakat yang yang belum dapat dilaksanakan secara optimal karena masih ada petugas yang kurang disiplin dalam melaksanakan tugas, indikator kecermatan petugas dalam melakukan pelayanan, karena masih adanya keluhan masyarakat tentang kesalahan pada penulisan nama, kesalahan penulisan tanggal lahir dan penulisan alamat dan indikator petugas/aparatur melakukan pelayanan dengan cepat, tepat dan cermat belum dapat dilaksanakan dengan baik. Kerna adanya keluhan masyarakat tentang keterlambatan dalam pelayanan yang disebabkan oleh terbatasnya petugas pelayanan. |
en_US |