Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi profesionalitas dalam pelayanan publik di kantor kecamatan malangbong kabupaten garut yang belum optimal. Hal itu terlihat dari beberapa indikator masalah yaitu: kurangnya kualitas pelayanan di kantor kecamatan malangbong kabupaten garut, kurangnya akuntabalitas aparatur kecamatan malangbong dalam proses pelayanan, kurang mendukungnya fasilitas sarana dan prasarana di kantor kecamatan dalam pelayanan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer dengan jumlah 8 informan dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa profesionalitas dalam pelayanan publik di kantor kecamatan malangbong kabupaten garut yang diukur dengan 4 dimensi dan terdiri dari 8 indikator, hambatan-hambatan yang dihadapi terkait profesionalitas dalam pelayanan publik yaitu belum mendukungnya sarana dan prasarana dalam kegiatan pelayanan, prosedur pelayanan belum berjalan dengan efektif dan efesien, kurang optimalnya tugas dan tanggung jawab pegawai dalam pelaksanaan pelayanan, dan belum memberikan rasa nyaman terhadap masyarakat yang diberikan pelayanan.