Abstract:
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi yaitu banyanya pesaing bisnis keripik, kurangnya varian rasa dan iklim yang mempengaruhi kualitas bahan baku yang artinya belum memenuhi kualitas dari bahan baku tersebut Dengan demikian minat beli konsumen belum optimal.Adapun wawancara penulis dengan konsumen di UMKM Makrebe Keripik Debog menyebutkan belum tercapainya minat beli Konsumen dikarenakan kurangnnya Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk secara baik. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh Orientasi Kewirausahan terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Makrebe Keripik Debog?; 2) Bagaimana pengaruh Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Makrebe Keripik Debog?; 3) Bagaimana pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Berapa besar pengaruh Orientasi kewirausahaan terhadap Kinerja pemasaran konsumen UMKM Makrebe. 2) Berapa besar pengaruh Inovasi produk terhadap Kinerja Pemasaran konsumen UMKM. 3) Berapa besar pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi produk terhadap Kinerja Pemasaran konsumen UMKM.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey yang bersifat deskriptif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dimana hasil penelitian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis koefisien koelasi sederhana, analisis koefesien korelasi berganda, analisis determinasi, uji T, dan uji F.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial menunjukkan bahwa. 1). Orientasi Kewirausahaan berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran. 2). Inovasi Produk secara parsial juga berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran. 3). Secara Simultan baik Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk bersama-sama berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran.