Abstract:
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang nilai-nilai kearifan
lokal kesenian Reog Dongkol dan mengaitkan dengan nilai karakter yang
diimplementasikan dalam proses pembelajaran sejarah untuk menumbuhkan
kembali karakter peserta didik yang hilang selama pembelajaran daring. Metode
yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara studi literatur, studi lapangan dan menggunakan observasi
terhadap proses pembelajaran sejarah di kelas dan kesenian Reog Dongkol,
wawancara informan dilakukan dengan kepala SMAN 1 Cimaragas, wakil kepala
sekolah bagian kurikulum, guru sejarah, beberapa orang siswa/I, serta maestro
kesenian Reog Dongkol, dan studi dokumentasi terhadap silabus dan RPP. Analisis
data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau
penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai-nilai kearifan
lokal yang terkandung dalam kesenian Reog Dongkol ialah nilai cinta tanah air,
nilai komunikatif atau bersahabat, nilai peduli lingkungan dan nilai sosial.
Implementasi nilai-nilai kearifan lokal kesenian Reog Dongkol dalam pembelajaran
sejarah dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan dengan mengintegrasikan materi
pelajaran sejarah dengan lingkungan sekitar untuk menggali nilai-nilai demi
menumbuhkan kembali dan menguatkan karakter positif peserta didik. Dari hasil
pembelajaran sejarah berbasis kearifan lokal untuk pendidikan karakter dapat
memberikan dampak positif bagi peserta didik dengan memiliki semangat dan
motivasi untuk selalu berbuat baik dan melaksanakan perannya sebagai manusia
untuk hidup dan bergaul sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Kesenian Reog Dongkol