Unigal Repository

PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MUDZAKARAH DI SMK AL-HUDA TURALAK KABUPATEN CIAMIS

Show simple item record

dc.contributor.author SETIAWAN, AGUS
dc.contributor.author Herdiana
dc.contributor.author JUANDI, JUJU
dc.date.accessioned 2022-10-26T06:47:40Z
dc.date.available 2022-10-26T06:47:40Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2118
dc.description.abstract ABSTRAK AGUS SETIAWAN, 2108180035, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis. Penelitian ini berjudul “Pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-Huda Turalak Kabupaten Ciamis”. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Ingin mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten Ciamis. 2) Ingin mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten Ciamis. 3) Ingin mengetahui perubahan kemampuan siswa dalam pembelajaran berbicara setelah menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuanitataif dengan rancangan deskriptif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode mudzakarah. Variabel ini mempunyai tiga subvariabel yaitu ; 1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) perubahan kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK Al Huda Turalak. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kajian pustaka, teknik observasi, teknik pembelajaran dan teknik tes. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten Ciamis, guru melakukan analisis terhadap perencanaan pembelajaran berbicara, terbukti sesuai dengan metode mudzakarah yang digunakan pembelajaran. Pernyataan tersebut diperkuat dengan penilaian observatory terhadap keseluruhan komponen pembelajaran. 2) pelaksanaan dengan metode pembelajaran Mudzakarah yaitu cukup memberikan keyakinan akan keberhasilan guru dan siswa dalam menempuh langkah-langkah pembelajaran membaca pemahaman dalam cerpen yang disajikan dengan penerapan metode mudzakarah.. 3) Perubahan kemampuan siswa dalam pembelajaran berbicara di lingkungan belajar menggunakan metode mudzakarah yaitu kelompok eksperimen yang dilakukan dengan menerapkan metode mudzakarah pada pembelajaran berbicara. Perolehan rata-rata skor prates yaitu 65,33 sedangkan pada postes diperoleh rata-rata skor 84,67. Dengan demikian terdapat perubahan kemampuan siswa yang buktikan dengan selisih skor antara prates dan pascates yaitu 19,34. Kelompok kontrol yang dilakukan dengan menerapkan teknik tanyajawab pada pembelajaran membaca pemahaman dalam cerpen. Perolehan rata-rata skor prates yaitu 60,83 sedangkan pada pascates diperoleh rata-rata skor 81,25. Dengan demikian terdapat perubahan kemampuan siswa yang dibuktikan dengan selisih skor antara prates dan pascates yaitu 20,42. Kata Kunci ; Berbicara, Metode Belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Kata Kunci ; Berbicara, Metode Belajar en_US
dc.title PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MUDZAKARAH DI SMK AL-HUDA TURALAK KABUPATEN CIAMIS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account