Abstract:
ABSTRAK
AGUS SETIAWAN, 2108180035, Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh
Ciamis. Penelitian ini berjudul “Pembelajaran berbicara dengan menggunakan
metode mudzakarah di SMK Al-Huda Turalak Kabupaten Ciamis”. Tujuan
penelitian ini adalah : 1) Ingin mendeskripsikan perencanaan pembelajaran
berbicara dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak
Kabupaten Ciamis. 2) Ingin mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbicara
dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten
Ciamis. 3) Ingin mengetahui perubahan kemampuan siswa dalam pembelajaran
berbicara setelah menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak
Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuanitataif dengan rancangan deskriptif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari
satu variabel yaitu pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode
mudzakarah. Variabel ini mempunyai tiga subvariabel yaitu ;
1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) perubahan
kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK Al Huda Turalak.
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kajian pustaka, teknik
observasi, teknik pembelajaran dan teknik tes.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia
dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten
Ciamis, guru melakukan analisis terhadap perencanaan pembelajaran berbicara,
terbukti sesuai dengan metode mudzakarah yang digunakan pembelajaran.
Pernyataan tersebut diperkuat dengan penilaian observatory terhadap keseluruhan
komponen pembelajaran. 2) pelaksanaan dengan metode pembelajaran
Mudzakarah yaitu cukup memberikan keyakinan akan keberhasilan guru dan
siswa dalam menempuh langkah-langkah pembelajaran membaca pemahaman
dalam cerpen yang disajikan dengan penerapan metode mudzakarah.. 3)
Perubahan kemampuan siswa dalam pembelajaran berbicara di lingkungan belajar
menggunakan metode mudzakarah yaitu kelompok eksperimen yang dilakukan
dengan menerapkan metode mudzakarah pada pembelajaran berbicara. Perolehan
rata-rata skor prates yaitu 65,33 sedangkan pada postes diperoleh rata-rata skor
84,67. Dengan demikian terdapat perubahan kemampuan siswa yang buktikan
dengan selisih skor antara prates dan pascates yaitu 19,34. Kelompok kontrol yang
dilakukan dengan menerapkan teknik tanyajawab pada pembelajaran membaca
pemahaman dalam cerpen. Perolehan rata-rata skor prates yaitu 60,83 sedangkan
pada pascates diperoleh rata-rata skor 81,25. Dengan demikian terdapat perubahan
kemampuan siswa yang dibuktikan dengan selisih skor antara prates dan pascates
yaitu 20,42.
Kata Kunci ; Berbicara, Metode Belajar