Abstract:
ABSTRAK
Rifqi Tubagus Subagja. 2108180087. Interferensi Bahasa Jawa dalam
Penggunaan Bahasa Indonesia pada Pidato Persuasif di Mts Al Hidayah
Pondok Lombok Kabupaten Pangandaran.
Adapun yang melatar belakangi penelitian ini siswa MTS Al-Hidayah
Pondok Lombok dalam menggunakan bahasa Jawa lebih dominan dibanding
dengan penggunaan bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari kebiasaan
siswa yang lebih dominan menggunakan bahasa Jawa dalam berbicara sehari-hari
baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Interferensi bahasa Jawa
dalam berbahasa Indonesia ditemukan pada siswa ketika berpidato. Permasalahan
tersebut muncul karena siswa tersebut merupakan seorang dwibahasawan, yaitu
menguasai dua bahasa, bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Penguasaan bahasa
Jawa yang sudah terlebih dahulu dikuasai akan berpengaruh saat menggunakan
bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Tujuan dari penelitian ini adalah
mendeskripsikan interferensi bahasa Jawa dalam pidato pada siswa di MTS
Alhidayah Pondok lombok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu teknik studi pustaka, teknik observasi, teknik analisis, dan
teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya interferensi
bahasa Jawa dalam pidato bahasa Indonesia pada siswa di MTS Al-Hidayah
Pondok Lombok dilihat dari aspek fonologis secara keseluruhan hasil yang
didapat diketahui adanya siswa yang masih terpengaruh dengan bahasa daerahnya
dan juga terjadi salah ucap yang menyebabkan kesalahan arti. Sebagai masyarakat
Jawa yang bahasa pertamanya adalah bahasa ibu yaitu bahasa Jawa sehingga
dialek/logat yang khas tidak bisa dilepaskan dalam kegiatan berbicara walaupun
sudah menggunakan Bahasa Indonesia. Aspek morfologis secara keseluruhan
diketahui ada kesalahan dalam bidang morfologi meliputi, (1) kesalahan
pengimbuhan awalan (prefiks), (2) kesalahan pengimbuhan akhiran (sufiks), (3)
kesalahan pengimbuhan bersama (simulfik).