Abstract:
ABSTRAK
Rika Susilowati. 2108180051, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis
Adapun yang melatar belakangi penelitian ini karena rendahnya karakter
dikalangan generasi muda. Khusunya peserta didik di sekolah, sering kita
saksikan di berbagai media masa. Acara stasiun televisi, juga tidak sedikit
menyayangkan sikap anak yang kurang hormat terhadap kedua orang tua, guru,
orang yang lebih tua, dan tokoh masyarakat lainnya. Krisi tersebut bersumber dari
masalah moral, karakter yang secara langsung berkaitan dengan pendidikan. hal
ini menunjukan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai kehilangan karakter
sebagai bangsa santun dan jujur. Oleh karena itu, pemerintah perlu
mengoptimalkan karakter disekolah sebagai salah satu solusi menahan rendahnya
karakter peserta didik melalui Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El
Shirazy. Pembahasan dalam penelitian ini berfokus pada Nilai karakter yang
terdapat dalam novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy. Tujuan
dari penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai karakter dalam Novel Kembara
Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik studi pustaka, teknik observasi, teknik
analisis, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat
tujuh nilai karakter yang terkandung dalam novel Kembara Rindu Karya
Habiburrahman El Shirazy yaitu jujur, bertanggung jawab, cerdas, jujur dan
bersih, kreatif, gotong royong.