Unigal Repository

MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS

Show simple item record

dc.contributor.author Nurfaqihah, Rinrin Riza
dc.contributor.author FATIMAH, AI TUSI
dc.contributor.author Effendi, Adang
dc.date.accessioned 2022-10-26T03:42:30Z
dc.date.available 2022-10-26T03:42:30Z
dc.date.issued 2022-09-08
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2107
dc.description.abstract RINRIN RIZA NURFAQIHAH (2118180013). Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau dari Disposisi Matematis. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di salah satu sekolah di Ciamis didapat informasi bahwa masih banyak siswa yang kurang memahami konsep. Berdasarkan kajian dari berbagai literatur, model pembelajaran CUPs diprediksi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Selain perlakuan dari model pembelajaran, softskill pada diri siswa juga dapat berpengaruh terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa. Maka dari itu, peneliti juga melakukan peninjauan dari disposisi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran CUPs dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) untuk mengetahui gambaran pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, dan (3) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran CUPs dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari disposisi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik analisis data menggunakan uji t, uji regresi, dan uji anakova. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Ulum yang terdiri dari dua kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Adapun sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas VII A yang terdiri dari 23 siswa dan kelas kontrol adalah kelas VII B yang terdiri dari 22 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket disposisi matematis. Pokok bahasan yang disajikan sebagai materi ajar adalah Segiempat. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran CUPs dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kontribusi sebesar 2,9%, dan (3) terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran CUPs dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari disposisi matematis. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Disposisi Matematis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis en_US
dc.title MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account