Abstract:
RINRIN RIZA NURFAQIHAH (2118180013). Model Pembelajaran
Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Meningkatkan
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau dari Disposisi
Matematis.
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah berdasarkan hasil
observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di salah satu sekolah di
Ciamis didapat informasi bahwa masih banyak siswa yang kurang
memahami konsep. Berdasarkan kajian dari berbagai literatur, model
pembelajaran CUPs diprediksi dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa. Selain perlakuan dari model
pembelajaran, softskill pada diri siswa juga dapat berpengaruh terhadap
pemahaman dan hasil belajar siswa. Maka dari itu, peneliti juga melakukan
peninjauan dari disposisi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)
untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep
matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran CUPs dan siswa
yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) untuk mengetahui
gambaran pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa, dan (3) untuk mengetahui perbedaan peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh
pembelajaran CUPs dan siswa yang memperoleh pembelajaran
konvensional ditinjau dari disposisi matematis. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control
grup design. Teknik analisis data menggunakan uji t, uji regresi, dan uji
anakova. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs
Darul Ulum yang terdiri dari dua kelas. Teknik sampling yang digunakan
adalah sampling jenuh. Adapun sampel yang terpilih menjadi kelas
eksperimen adalah kelas VII A yang terdiri dari 23 siswa dan kelas kontrol
adalah kelas VII B yang terdiri dari 22 siswa. Instrumen yang digunakan
adalah instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket
disposisi matematis. Pokok bahasan yang disajikan sebagai materi ajar
adalah Segiempat. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan
peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematis
antara siswa yang memperoleh pembelajaran CUPs dan siswa yang
memperoleh pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh positif yang
tidak signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa dengan kontribusi sebesar 2,9%, dan (3) terdapat
perbedaan peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep
matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran CUPs dan siswa
yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari disposisi
matematis.