Unigal Repository

KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA YANG BERASAL DARI KAMPUNG BUDAYA DOKDAK DI KABUPATEN CIAMIS

Show simple item record

dc.contributor.author SANTIAJI, NELIS ALFANY
dc.contributor.author FATIMAH, AI TUSI
dc.contributor.author ZAKIAH, NUR EVA
dc.date.accessioned 2022-10-12T04:34:12Z
dc.date.available 2022-10-12T04:34:12Z
dc.date.issued 2022-08-19
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2054
dc.description.abstract Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan bagaimana Kemampuan Penalaran dan Self Confidence siswa yang berasal dari Kampung Budaya Dokdak di Kabupaten Ciamis. Bernalar merupakan cara berfikir yang logis untuk mendapatkan suatu kesimpulan dengan memanfaatkan konsep matematika untuk menyelesaikan berbagai konteks permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Self confidence atau kepercayaan diri sebagai salah satu pembentuk kemampuan untuk menunjukan potensi diri. Adapun yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian ini yaitu peneliti ingin mengeksplor bagaimana gambaran kemampuan penalaran dan self confidence di Kampung Budaya Dokdak. Peneliti mencari beberapa referensi yang hasilnya belum ditemukan penelitian di Kampung Budaya Dokdak Kabupaten Ciamis. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan penalaran dan self confidence siswa yang berasal dari kampung budaya Dokdak Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Subjek yang digunakan sebanyak tiga orang yang merupakan siswa yang berasal dari Kampung Budaya Dokdak. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu soal kemampuan penalaran matematis, angket self confidence, wawancara, dan observasi. Sedangkan untuk teknis analisis data, peneliti menerapkan model analisis data dari Algozzine dan Hancock. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil yaitu 1) penggunaan Kebudayaan Kampung Dokdak sebagai konteks permasalahan pada soal kemampuan penalaran matematis: penggunaan bahan baku, waktu produksi produk, perbedaan jenis barang, dan pendapatan produk; 2) terdapat satu siswa yang belum memenuhi indikator penalaran dalam mengajukan dugaan; 3) terdapat satu siswa belum memenuhi indikator penalaran dalam memberikan penjelasan yang logis terhadap suatu pernyataan; 4) semua siswa belum memenuhi indikator penalaran dalam membuktikan kebenaran dari suatu pernyataan; 5) semua siswa sudah memenuhi indikator penalaran dalam menarik dari suatu pernyataan; 6) semua siswa belum memiliki kepercayaan diri terhadap kemampuan diri sendiri karena belum mengetahui kelebihan dan kelemahan pada dirinya; 7) semua siswa belum memiliki keberanian dalam bertindak mandiri dalam mengambil keputusan karena masih bergantung kepada orang lain; 8) semua siswa belum memiliki konsep diri yang positif karena mudah menyerah dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan belum memiliki minat terhadap matematika; 9) Terdapat satu siswa yang sudah memiliki keberanian mengemukakan pendapatnya secara lisan maupun tulisan karena besarnya rasa malu dan rasa takut dalam dirinya. Kata kunci : Kebudayaan, Kemampuan Penalaran, Self Confidence en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PRGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Kebudayaan, Kemampuan Penalaran, Self Confidence en_US
dc.title KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA YANG BERASAL DARI KAMPUNG BUDAYA DOKDAK DI KABUPATEN CIAMIS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account