dc.contributor.author |
NURAINI, YAYANG AYU |
|
dc.contributor.author |
TOTO |
|
dc.contributor.author |
FATIMAH, AI TUSI |
|
dc.date.accessioned |
2022-10-12T04:30:30Z |
|
dc.date.available |
2022-10-12T04:30:30Z |
|
dc.date.issued |
2022-07-12 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2053 |
|
dc.description.abstract |
YAYANG AYU NURAINI (2118180028). “Meningkatkan Kemampuan
Representasi Matematis Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran
Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan Pendekatan Pembelajaran Open
Ended”.
Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang
harus dikuasai oleh siswa, akan tetapi fakta di lapangan menunjukan bahwa
kemampuan matematis siwa masih rendah. Salah satu model pembelajaran
yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis merupakan
model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan pendekatan
open ended. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan
representasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Aptitude
Treatment Interaction (ATI) dengan pendekatan open ended dibandingkan
dengan model pembelajara discovery learning dengan pendekatan saintifik.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain
nonequivalent pretestt-posttest kontrol group design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh kelas VIII SMPN 4 Rancah, teknik sampling yang digunakan
adalah purposive sampling dengan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan
kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu
instrument tes kemampuan representasi matematis siswa dengan pokok
bahasan lingkaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji
dua pihak dengan uji nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa
antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment
Interaction (ATI) dengan pendekatan open ended dibandingkan siswa yang
menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan
saintifik. Kesulitan siswa ketika memahami materi disebabkan oleh dampak
pembelajaran daring selama pandemic Covid-19 sehingga untuk penelitian
selanjutnya dapat memberikan penugasan tambahan di rumah untuk menunjang
pemahaman siswa terhadap materi selama proses pembelajaran.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran ATI,
Pendekatan Open Ended. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
PRGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran ATI, Pendekatan Open Ended. |
en_US |
dc.title |
MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |