Unigal Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BERBASIS MAKANAN KHAS DAERAH CIAMIS

Show simple item record

dc.contributor.author NACHSYAHBANDI, FAHMI SHIDIQ
dc.contributor.author AMAM, ASEP
dc.contributor.author SOLIHAH, SRI
dc.date.accessioned 2022-10-12T04:23:33Z
dc.date.available 2022-10-12T04:23:33Z
dc.date.issued 2022-08-02
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2051
dc.description.abstract FAHMI SHIDIQ NACHSYAHBANDI. (2118180004). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis Makanan Khas Daerah Ciamis. Penggunaan teknologi komputer atau Information and Communication Technology (ICT) belum optimal dalam proses pembelajaran terutama dalam pembelajaran matematika yang melatarbelakangi penelitian ini, sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas, respon pendidik dan peserta didik serta mengetahui kelayakan produk media pembelajaran matematika berupa multimedia pembelajaran berbantuan aplikasi canva. Canva merupakan aplikasi yang sangat praktis dan efisien, karena mudah diakses dan langsung bisa digunakan tanpa harus mendownload terlebih dahulu. Materi yang diterapkan pada media pembelajaran ini adalah sistem persamaan linear tiga variabel yang dikaitkan dengan konteks makanan khas Ciamis. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Tahap analysis dilakukan dengan menganalisis kebutuhan kurikulum, media dan materi. Tahap design dilakukan dengan mengumpulkan data dan membuat rancangan desain produk. Tahap development yaitu menerapkan kerangka produk dan memvalidasi serta merevisi produk berdasarkan komentar dan saran validator ahli media dan ahli materi. Tahap implementation dilakukan kepada peserta didik dan pendidik untuk mengetahui respon terhadap produk media yang dikembangkan. Kemudian dalam tahap evaluation dilakukan evaluasi media pembelajaran yang dikembangkan untuk melihat efektivitas produk yang telah selesai dibuat. Instumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi yang diberikan kepada dosen ahli untuk mengetahui kevalidan produk, serta angket respon pendidik dan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa aspek kevalidan ditinjau dari analisis hasil penilaian angket validasi ahli media termasuk kategori layak, dan analisis hasil penilaian angket validasi ahli materi termasuk kategori sangat layak. Hasil angket respon pendidik dan peserta didik masing-masing termasuk dalam kategori sangat menarik. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar peserta didik termasuk kategori “sangat baik”. Sehingga dapat dikatakan media pembelajaran matematika yang dikembangkan efektif, dan media yang dikembangkan berada pada kriteria valid atau layak digunakan. Kata Kunci: Media Pembelajaran Matematika, Canva, Makanan Khas Daerah Ciamis en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PRGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Media Pembelajaran Matematika, Canva, Makanan Khas Daerah Ciamis en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BERBASIS MAKANAN KHAS DAERAH CIAMIS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account