dc.description.abstract |
SYIFA AULIA AZ-ZAHRA (2118180036). Kemampuan Literasi Matematis Siswa
SMP ditinjau dari Habits of Mind yang Berasal dari Keluarga Pengrajin Handicraft
Rajapolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa SMP
ditinjau dari habits of mind yang berasal dari keluarga pengrajin handicraft
Rajapolah. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berasal dari keluarga handicraft
Rajapolah sebanyak 6 orang. Dari 6 orang tersebut dikelompokkan berdasarkan
Habits of mind yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah untuk diberikan soal tes
kemampuan literasi dan diwawancarai. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
angket habits of mind, tes kemampuan literasi, dan wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi matematis siswa SMP yang berasal
dari keluarga pengrajin handicraft Rajapolah dengan habits of mind tinggi dan
sedang mampu memenuhi indikator merumuskan situasi secara matematika
Sedangkan untuk habits of mind rendah belum memenuhi indikator merumuskan
situasi secara matematika; (2) kemampuan literasi matematis siswa SMP yang
berasal dari keluarga pengrajin handicraft Rajapolah dengan habits of mind tinggi
mampu memenuhi indikator menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran
matematika sedangkan dengan habits of mind sedang dan rendah siswa belum
mampu memenuhi indikator menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran
matematika; dan (3) kemampuan literasi matematis siswa SMP yang berasal dari
keluarga handicraft Rajapolah dengan habits of mind tinggi, sedang, dan rendah
tidak ada yang memenuhi indikator menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi
hasil matematika.
Kata kunci: Kemampuan literasi matematis, habits of mind, handicraft Rajapolah |
en_US |