Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 CIAMIS (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Manajemen di Kelas X IPS)

Show simple item record

dc.contributor.author Septina, Ista
dc.contributor.author ROHAENI, ENI
dc.contributor.author HERYATI, TATI
dc.date.accessioned 2022-10-07T04:11:35Z
dc.date.available 2022-10-07T04:11:35Z
dc.date.issued 2022-08-22
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2042
dc.description.abstract Ista Septina (2107180017) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Ciamis (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Manajemen di Kelas X IPS)”. Penulis skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Hj. Eni Rohaeni, Dra., MM selaku pembimbing I dan Ibu Tati Heryati, Dra., M.M., M,Pd. selaku pembimbing II. Rendanyahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantarnya pemilihan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi pada pengurukan awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional pada mata pelajaran ekonomi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi pada pengkuran akhir (posttest). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode ekspeimen dengan desain Quasi Eksperimental Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Togeter pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akir (posttest). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Togeter lebih tinggi dari pada yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Hasil Belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 CIAMIS (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Manajemen di Kelas X IPS) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account