dc.contributor.author |
Septina, Ista |
|
dc.contributor.author |
ROHAENI, ENI |
|
dc.contributor.author |
HERYATI, TATI |
|
dc.date.accessioned |
2022-10-07T04:11:35Z |
|
dc.date.available |
2022-10-07T04:11:35Z |
|
dc.date.issued |
2022-08-22 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2042 |
|
dc.description.abstract |
Ista Septina (2107180017) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Ciamis (Studi Quasi Eksperimen pada
Kompetensi Dasar Manajemen di Kelas X IPS)”. Penulis skripsi ini dibawah
bimbingan Ibu Hj. Eni Rohaeni, Dra., MM selaku pembimbing I dan Ibu Tati
Heryati, Dra., M.M., M,Pd. selaku pembimbing II.
Rendanyahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini,
karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses
pembelajaran. Rendahnya hasil belajar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor
diantarnya pemilihan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan kompetensi
dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
(NHT) pada mata pelajaran ekonomi pada pengurukan awal (pretest) dan
pengukuran akhir (posttest). (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan
model konvensional pada mata pelajaran ekonomi pada pengukuran awal (pretest)
dan pengukuran akhir (posttest). (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata
pelajaran ekonomi pada pengkuran akhir (posttest). Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu metode ekspeimen dengan desain Quasi Eksperimental
Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar
siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head
Togeter pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akir (posttest). (2)
Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional
pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Perbedaan
hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Head Togeter lebih tinggi dari pada yang menggunakan metode
konvensional pada pengukuran akhir (posttest).
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Hasil Belajar |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Hasil Belajar |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 CIAMIS (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Manajemen di Kelas X IPS) |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |