Unigal Repository

Pengaruh Pengggunaan Model Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tingkat Organisasi Komponen Abiotik dalam Ekosistem (Penelitian di Kelas X SMA Ar-Risalah)

Show simple item record

dc.contributor.author Romdah Romansyah
dc.date.accessioned 2019-07-06T03:21:25Z
dc.date.available 2019-07-06T03:21:25Z
dc.date.issued 2014-03-01
dc.identifier.issn 2339-0468
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/203
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pre eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Terpadu Ar-Risalah yang terdiri dari 3 kelas, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X2 yang diambil menggunkan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan berupa pilihan ganda yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Data diperoleh dengan melakukan pre-test dan post-test. Berdasarkan penelitian ini diketahui peningkatan hasil belajar sebesar 78%, kemudian hasil dari uji normalitas bahwa χ2 hit < χ2 daft yaitu 10,51 < 11, 34, sehingga menunjukan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji hopotesis atau uji Z diperoleh hasil bahwa Z hit > Z daft yaitu 2,71 > 2. Dengan demikian disimpulkan bahwa model guided discovery learning berpengaruh positif dan signitifikan terhadap hasil belajar siswa. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal BIOED en_US
dc.subject guided discovery learning, Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Pengggunaan Model Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tingkat Organisasi Komponen Abiotik dalam Ekosistem (Penelitian di Kelas X SMA Ar-Risalah) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account