dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pre eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Terpadu Ar-Risalah yang terdiri dari 3 kelas, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X2 yang diambil menggunkan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan berupa pilihan ganda yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Data diperoleh dengan melakukan pre-test dan post-test. Berdasarkan penelitian ini diketahui peningkatan hasil belajar sebesar 78%, kemudian hasil dari uji normalitas bahwa χ2 hit < χ2 daft yaitu 10,51 < 11, 34, sehingga menunjukan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji hopotesis atau uji Z diperoleh hasil bahwa Z hit > Z daft yaitu 2,71 > 2. Dengan demikian disimpulkan bahwa model guided discovery learning berpengaruh positif dan signitifikan terhadap hasil belajar siswa. |
en_US |