dc.description.abstract |
Dina, 2108180081 “Pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks
pidato persuasif dengan menggunakan model two stay two stray pada peserta
didik kelas IX SMP Terpadu Badruna Jatiwaras”. Program Studi Pendidikan
Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Galuh
Ciamis.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya masalah yaitu rendahnya kemampuan
peserta didik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif
sehingga guru melakukan treatment dengan menggunakan model pembelajaran
two stay two stray. Tujuan penelitian ini: 1) mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran; 2) mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran; 3)
mendeskripsikan perubahan kemampuan peserta didik setelah mengikuti
pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif dengan
menggunakan model two stay two stray. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen desain control group pre-test-post-test. Sumber data penelitian ini
adalah keseluruhan peserta didik kelas IX SMP Terpadu Badruna Jatiwaras,
sampel yang digunakan yaitu teknik sampling purposive dengan jumlah 20 peserta
didik. Teknik yang digunakan yaitu teknik studi pustaka, observasi, dan tes. Hasil
analisis penyusunan RPP sudah mengacu pada kurikulum 2013 sehingga
memenuhi kriteria penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan nilai
observer 1 90 dan observer 2 90 dengan kriteria baik. Hasil analisis langkahlangkah pembelajaran pada kegiatan guru memperoleh nilai masing-masing
observer yaitu 90 dan 85, dan kegiatan peserta didik memperoleh nilai masingmasing observer yaitu 89 dan 89 nilai ini masuk kedalam kriteria baik. Hasil
analisis perubahan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah
struktur teks pidato persuasif diperoleh nilai rata-rata prates yaitu 65 dan hasil
pascates memperoleh nilai rata-rata 83,7 terdapat selisih 18,7. Hasil uji-t, nilai
ttabel 1,685 < thitung 3,841. Dalam pembelajaran menelaah kebahasaan teks pidato
persuasif nilai rata-rata prates yaitu 57,5 dan hasil pascates memperoleh nilai ratarata 82,75 terdapat selisih 25,55. Hasil uji-t, nilai ttabel 1,685 < thitung 2,27. Maka
terdapat perubahan yang signifikan pada kemampuan peserta didik dalam
menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif setelah menggunakan
model pembelajaran two stay two stray.
Kata kunci: teks pidato persuasif, model two stay two stray. |
en_US |