Unigal Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BERBASIS KONSERVASI CIUNG WANARA

Show simple item record

dc.contributor.author AWALIAH, LELI NURHAYATI
dc.contributor.author ZAKIAH, NUR EVA
dc.contributor.author SOLIHAH, SRI
dc.date.accessioned 2022-10-03T04:04:48Z
dc.date.available 2022-10-03T04:04:48Z
dc.date.issued 2022-09
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2025
dc.description.abstract LELI NURHAYATI AWALIAH (2118180012). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis Konservasi Ciung Wanara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva berbasis konservasi Ciung Wanara pada materi Barisan dan Deret Aritmetika yang memenuhi prosedur metode ADDIE dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva berbasis konservasi Ciung Wanara pada materi Barisan dan Deret Aritmetika yang menarik dan mudah dipahami serta layak untuk diimplementasikan kepada siswa di MTs Negeri 15 Ciamis. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yaitu melalui tahap Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Kelayakan media pembelajaran mengacu pada hasil penilaian media oleh para ahli media terhadap produk media pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Canva berbasis konservasi Ciung Wanara yang dikembangkan sudah memnuhi kriteria valid/layak digunakan. Hasil dari penilaian ahli materi terhadap media pembelajaran ini mendapatkan kriteria kelayakan “sangat valid” dengan persentase skor yang diperoleh sebesar 86,00% sehingga media pembelajaran ini valid dan layak digunakan dari segi materi pembelajaran. Sedangkan hasil dari penilaian dari ahli media memperoleh kategori “sangat valid” dengan persentase yang diperoleh sebesar 85,00% sehingga media pembelajaran ini juga valid dan layak digunakan dari segi desain media pembelajaran. Adapun berdasarkan hasil dari angket respon siswa pada uji coba skala kecil yang dilakukan oleh 8 siswa, media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh persentase skor 85,75% dan memenuhi kategori “sangat menarik”. Sedangkan uji coba lapangan yang diikuti 21 siswa terhadap media pembelajaran memperoleh persentase 78,00% memenuhi kategori “menarik”. Dengan demikian media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Canva ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi barisan dan deret aritmetika. Kata kunci: Media Pembelajaran Matematika, Canva, Konservasi, Ciung Wanara en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Media Pembelajaran Matematika, Canva, Konservasi, Ciung Wanara en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BERBASIS KONSERVASI CIUNG WANARA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account