Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author MARLIANA, PINA
dc.contributor.author SUNARYO, YONI
dc.contributor.author ZAMNAH, LALA NAILAH
dc.date.accessioned 2022-10-03T03:58:17Z
dc.date.available 2022-10-03T03:58:17Z
dc.date.issued 2022-09-08
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2021
dc.description.abstract Pina Marliana. (2118180042). Pegaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa. Penelitian dilakukan di MA Babussalam Cipaku dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi fungsi kelas X MA Babussalam Cipaku tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika kelas X. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Babussalam Cipaku. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, dengan Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh, kelas X-I sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan X-2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data menggunakan uji-t. berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung, sehingga dapat disompulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran problem based learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pengaruh en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Model pembelajaran problem based learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pengaruh en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account